Info :
MENYATU MELAYANI MASYARAKAT
DISDUKCAPIL KOTA BATU 2024
GO Digital Pth

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

PELAYANAN ADMINISTRASI  KEPENDUDUKAN YANG MEMBAHAGIAKAN MASYARAKAT
MENUJU PELAYANAN PRIMA 

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batu

KTP elektronik Mampu Mencegah Upaya Kejahatan Perbankan

Pemberlakuan identitas warga berupa Kar­tu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau dikenal dengan e-KTP sangat  memberi manfaat kepada masyarakat. Di dunia bisnis perbankan, e-KTP mampu mencegah upaya kejahatan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Hal itu diungkapkan Menteri Dalam Ne­geri Cahyo Kumolo saat memberi sambutan dalam acara penanda tanganan  kerjasama antara Kementerian Dalam Negeri  dan Bank BTN tentang Pemanfaatan Jasa dan Layanan Perbankan dan Pemanfaatan NIK (Nomor Induk Kependudukan), Data Kependudukan dan KTP - el di Jakarta, Senin. Kerjasama tersebut ditanda tangani oleh Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Si­pil  Kemendagri Zudan Arif Fachrullah dan Dirut BTN Maryono.

Mendagri mengatakan, e-KTP yang me­ng­gunakan NIK tunggal sangat sulit di­palsukan. “ Orang sudah tidak bisa lagi me­miliki lebih dari satu e-KTP,” kata Cahyo.

Dengan demikian, kata dia, orang yang berhubungan dengan bank menjadi nasabah ataupun debitur cepat  bisa diketahui iden­titasnya, sehingga jika ada upaya kejahatan dapat segera dicegah lebih awal.

Ia mencontohkan penggunaan e-KTP di Amerika Serikat yang mampu mengungkap kejahatan dengan cepat. “ Di Amerika, jika ada kejahatan apapun, pelakunya dapat ce­pat tertangkap, karena analisisnya meng­gu­nakan data ke­pendudukan elektronik be­rupa e-KTP,” jelas Cahyo.

Karena itu, ia mengharap semua bank di Indonesia agar memanfaatkan data kepen­du­dukan yang ada di Kementerian Dalam Ne­geri, agar bisa terhindar dari kejahatan per­bankan melalui deteksi dini dengan e-KTP.

Sementara itu Dirut BTN, Maryono me­ngatakan, dengan adanya kerjasama terse­but, selain bisa mencegah kejahatan baik yang dilakukan pihak internal perbankan maupun masyarakat yang tidak bertanggung jawab, pemanfaatan e-KTP juga mampu memberikan layanan yang lebih cepat. “ Pe­layanan calon nasabah secara manual me­makan waktu lama dan sering terjadi ma­salah hukum di kemudian hari, tetapi dengan e-KTP cukup empat menit dan aman,” kata Maryono.

Di depan Mendagri, Maryono mengung­kapkan, BTN merupakan bank yang fokus dalam pembiayaan pembangunan peruma­han.

Saat ini lanjut Maryono, BTN sedang me­laksanakan program pembangunan satu juta rumah. Dimana rumah - rumah tersebut di­pe­­runtukkan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) golongan rendah, buruh pabrik dan masyarakat berpenghasilan tidak tetap.

Melalui kerjasama pemanfaatan data ke­pendudukan dan e-KTP, Maryono optimis akan mampu meningkatkan pembiayaan dan me­realisasikan program satu juta rumah. “ Saya optimis porsi 640 ribu rumah dari satu juta ru­mah yang ditangani BTN sampai akhir tahun 2015 bisa terealisasi,” ujar Mar­yono optimis. Sebelumnya Dirjen Kepen­dudukan dan Pen­catatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fachrul­lah mengungkapkan, pi­hak­nya telah melakukan pembersihan terhadap 8 juta e-KTP ganda.

“ Setelah melalui penyisiran, ditemukan 8 juta e-KTP ganda dan sekarang sudah di­bersihkan.Dengan demikian, data kepen­dudukan berupa e-KTP yang digunakan oleh perbankan sudah terjamin keaslian peme­gang KTP sebenarnya,”

BIGTheme.net • Free Website Templates - Downlaod Full Themes
Balai Kota Among Tani - Gedung C Lantai 1 Jl. Panglima Sudirman 507 Kota Batu - Jawa Timur          Phone    0341 512177                                   Email                 Logo WA 22PELAYANAN DAFDUK : 08113785600                                                                                                              emailto                       Logo WA 22 PELAYANAN CAPIL : 08113655600           span lapor

Logo FB 22        Logo IG 21